Pengertian Seni Fotografi Menurut Para Ahli| Dua tokoh terkenal di bidang fotografi


2 Tokoh terkenal di bidang fotografi yang wajib kamu ketahui. Ketahui definisinya menurut mereka!

Untuk anda yang masih belajar tentang fotografi anda harus mempelajari nya dari dasar. Mengapa harus dari dasar..?? di jaman sekarang hampir setiap kamera sudah di lengkapi dengan banyak mode Auto, tujuan nya untuk mempermudah si pengguna kamera ketika mengambil gambar. Untuk memotret nya anda hanya perlu memutarnya ke mode yang di perlukan, tinggal bidik lalu jepret. Dan hasil nya pun boleh lah di bilang bagus. Tapi ketika hasil yang di dapat kurang memuaskan, pasti anda bingung sebelah mana yang harus di otak – atik. Begitu pun ketika  anda akan memfoto hal – hal yang khusus. Seperti memotret makanan, hewan, tumbuhan, pemandangan dan objek lainnya. Lalu ketika anda akan memfoto objek tanpa kilat, long exsposure, artistik dan foto lainnya. Anda akan bingung dan juga mati langkah, Karena anda sering menggunakan mode automatis. Akan tetapi, jika anda sudah memahami dasar- dasar dari fotografi, anda bisa memotret apapun, dalam kondisi apapun, menggunakan kamera apapun, dengan hasil yang maksimal. Itu alasan nya mengapa anda harus memahami dulu dasar – dasar fotografi. Dalam kesempatan saya kali ini, saya akan membahas mengenai definisi dari fotograpy. untuk lebih jelas nya, yuk kita simak barang – bareng penjelasannya.
Definisi fotografi
            Adalah seni, ilmu dan praktik dalam membuat gambar awet dengan merekam cahaya dengan menggunakan film fotograpy atau secara elektronik melalui sebuah sensor gambar. Kata fotografi atau dalam  bahasa Ingris disebut Photograpy, berasal dari bahasa Yunani yaitu “Photos dan Grafo”. Photos artinya cahaya, dan Grafo adalah melukis. Jadi arti keseluruhan dari Fotografi adalah Melukis dengan menggunakan media Cahaya. Dalam kamus besar bahasa Indonesia Fotograpy adalah seni atau proses untuk menghasilkan gambar dan cahaya pada film. Sebagai istilah umum, Fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya. Alat ini sering disebut dengan Kamera.
          Prinsip Fotografi adalah memfokuskan cahaya dengan bantuan pembiasan sehingga mampu membakar medium penangkap cahaya. Alat ini sering disebut dengan Lensa. Setelah mendapatkan tujuan pencahayaan yang tepat, seorang fotografer bisa mengatur intensitas cahaya tersebut dengan mengubah kombinasi ISO/ASA, diafragma ( Apeture), dan kecepatan rana (Shutter Speed). Kombinasi antara ketiga tadi (ISO, Apeture, dan Shutter Speed) dalam dunia Fotografi sering disebut sebagai segitiga Exsposure.
Definisi Fotograpy Menurut Para Ahli
            Berikut ini adalah definisi Fotografi menurut profesional dan ahli dalam bidang Fotografi. Definisi ini mereka dapat berdasarkan pengalaman mereka yang bertahun – tahun sudah mendalami biadang Fotografi. Berikut adalah definisi nya.
1.  Ansel Adams


                  Seorang Fotografer kelahiran tahun1902 asal California ini, memiliki ciri khas yang unik yaitu foto nya yang selalu berwarna hitam putih. Dia berkata “Photography, as a powerful medium of expression and comunication, offers and infinite variety of perception, interpretation and execution.” Artinya Fotografi sebagai media berekspresi dan komunikasi yang kuat, menawarkan berbagai persepsi, interpretasidan eksekusi yang tak terbatas. Dia juga berkata “Photography is more than a medium for factual comunication of ideas. It is a creative art.” Artinya Fotografi lebih dari sekedar sebuah sarana ide komunikasi faktual. Fotografi adalah sebuah seni kreatif.

Ini adalah salah satu hasi jepretan nya Ansel Adams :


  
2. Elliott Erwitt


Salah satulegenda magnum foto yang unik. Fotografer satu ini memiliki memiliki urat humor yang luar biasa. Melihat foto- foto Elliott Erwitt dapat membuat sobat Aero ketawa sendiri. Elliott Erwitt  berkata “To me, photography is a art of observation. It’s about finding something interesting in an ordinary place. I’ve found it has little to do with the things you see and everything to do with the way you see them.” Artinya Bagi saya, fotografi adalah sebuah seni observasi. Ini tentang menemukan suatu hal yang menyenangkandi tempat biasa. Saya telah menenemukan bahwa hal tersebut tak ada hubungan nya dengan hal – hal yang kamu lihat, dan semua harus dilakukan dengan caramu melihat merka.
Untuk hasil jepretan nya seperti ini :




            Itu adalah definisi dari para ahli Fotografi menurut pengalaman nya, dan banyak lagi definisi dari para ahli Fotografi lain nya.  Juga masih banyak lagi definisi mengenai Fotografi, menurut sejarah, tokoh dan sumber lainnya. Tetapi saya hanya mengambil bagian yang menurut saya tidak membingungkan anda, dan tidak terbelit – belit. Mungkin dicukupkan sampai disini artikel mengenai Definisi Fotografi. Tunggu artikel saya selanjutnya mengenai penjelasan dari dasar – dasar Fotografi. Jangan lupa berikan kritik dan saran nya dari anda mengenai blog saya. Jika anda ingin request mengenai artikel Fotografi silahkan tulis di kolom komentar. Sebelumnya, saya ucapkan terimakasih. Sampai jumpa.....!!!


Komentar

Posting Komentar