Mengenal lebih dalam Kamera | Definisi Kamera, dan Jenis - jenisnya.



Kenali lebih dalam mengenai kamera, sebelum kamu terjun lebih dalam ke dunia Fotografi. 

            Apakah anda tahu apa itu Kamera, dan juga jenis - jenisnya.? di jaman sekarang kamera sudah buka barang yang asing lagi, banyak sekali orang yang sudah menggunakan nya. Namun kebanyakan orang masih belum mengenal lebih dalam Apa itu kamera juga apa saja jenis - jenisnya. Pada kesempatan saya kali ini, saya akan membahas mengenai Definisi Kamera, dan Jenis - jenisnya.
 
Definisi Kamera
         Kamera adalah seperangkat peralatan dengan kelangkapan – kelengkapan yang memiliki fungsi untuk mengabadikan suatu objek, atau berfungsi untuk mengkonversikan sebuah objek menjadi gambar, yang merupakan hasil proyeksi pada sistem lensa. Kamera juga merupakan alat yang paling pokok dalam dunia Fotografi. Tidak ada kamera, maka tidak ada yang namanya Fotografi. Dalam pengembangan nya kamera digunakan untuk membentuk atau merekam suatu bayangan kedalam film / atau memory card. Kamera pertama kali disebut sebagai kamera obscura,  yang berasal dari bahasa latin yang berarti ruang gelap. Mekanisme awalnya untuk memproyeksikan gambar, dimana suatu ruang berfungsi seperti cara kerja kamera saat ini, kecuali tidak ada cara pada saat itu untuk mencatat tampilan gambar nya, selain cara manual mengikuti jejaknya.


Jenis – jenis Kamera
             Di jaman sekarang Kamera sudah banyak sekali jenis nya, mulai dari harga yang murah sampai yang mahal, juga mulai dari spesifikasi yang rendah sampai dengan yang mempunyai spesifikasi tinggi sekarang tersedia. Berikut adalah jenis – jenis kamera versi saya :
1. Kamera Prosumer
2. Kamera Compact Digital
3. Kamera DSLR
4. Kamera Semi PRO DSLR
5. Kamera Profesional DSLR
6. Kamera Mirroless
7. Kamera Boutique
Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu - persatu :

1. Kamera Prosumer

             Dalam dunia fotografi kamera prosumer merupakan sebuah akronim (singkatan) yaitu professional and consumer. Dari sini bisa diartikan kamera prosumer adalah jenis kamera yang kelasnya berada di tengah-tengah (pertengahan) antara kamera profesional (DSLR) dan kamera consumer (kamera saku). Ada beberapa orang yang menggunakan kamera jenis ini untuk memulai belajar fotografi karena dirasa lebih praktis dan fungsional daripada kamera DSLR. 

ciri-ciri               :
- Kamera prosumer terdiri dari dua jenis, yaitu Kamera prosumer berbentuk Kamera digital SLR (DSLR-like) - - yang juga disebut Bridge Camera
- dengan lensa tetap yang tak dapat dilepas, sedangkan MILC walaupun lensanya dapat dilepas, tetapi tidak memiliki Cermin Reflex dan tentunya juga tidak memiliki Optical Viewfinder dan sebagai gantinya dipakai Electronical Viewfinder atau layar LCD saja.
Kelebihan      :
- Kamera digital prosumer memiliki bodi mirip kamera DSLR dan berlensa panjang namun tidak bisa dilepas-pasang layaknya lensa pada kamera DSLR.
- Untuk ukuran lingkaran lensa, prosumer cenderung lebih kecil dari pada DSLR dan lebih besar dari compact.
- Untuk fitur, kamera prosumer menyerupai DSLR. Setingan programnnya bisa diatur secara manual. Aperture/diafraghma, ISO dan Shutter Speed bisa diatur secara manual.
- Dengan kemampuan dan tekhnologi yang ada, prosumer dianggap lebih praktis untuk fotografi sehari-hari.
Kekurangan   :
- Sensor prosumer yang lebih kecil disbanding DSLR berakibat kualitas hasil foto tidak bisa sebaik kamera DSLR
- Kecepatan auto focus dan jeda antar satu foto dengan foto selanjutnya juga
- merupakan kendala bagi yang membutuhkan moment penting dan cepat.

 2. Kamera Compact Digital

               Kamera jenis ini merupakan kamera digital paling simpel. Dengan ukurannya yang tidak telalu besar dan pas di kantong atau biasa disebut kamera saku, serta harganya yang cukup murah apabila dibandingkan dengan kamera DSLR. Juga tidak ribet ketika sobat Aero akan mengambil suatu gambar. Output gambar yang dihasilkan dalam bentuk JPEG (Joint Photographic expert group) yang berukuran cukup kecil, sehingga cukup menghemat kapasitas memori. Kelebihan kemera saku lainnya adalah daya tahan baterai yang cukup lama.
 

Ciri-ciri          :
- Ada mode exposure manual
- Berukuran sensor besar
- Dapat memilih format foto RAW
- Punya hotshoe untuk dudukan flash external/aksesoris
Kelebihan       :
- Sensor Yang Lebih Kecil.
- Ukuran Lebih Kecil Dan Mudah Dibawa Keman-Mana.
- Harga yang Terjangkau.
Kekurangan   :
- Auto Focus Yang Lambat.
- Kualitas gambar yang kurang bersih.
- Kualitas rentang dinamis yang kurang baik. 

3. Kamera DSLR

Dslr Camera
Source: iprice.co.id
Kata DSLR adalah singkatan dari Digital Single Lens Reflex. Kamera ini ukurannya lebih besar daripada kamera saku / pocket. Dengan pengaturan yang bisa kita pilih otomastis ataupun full manual membuat kita akan lebih leluasa mensetting dalam mengambil gambar. Perbedaan yang paling mencolok dengan kamera pocket adalah pada ukuran sensor gambar. DSLR memiliki ukuran sensor gambar yang lebih besar sehingga akan membuat kuliatas gambar lebih bagus. Lensa pada kamera DSLR dapat digonta-ganti sesuai dengan keperluan pengambilan gambar.

 
Memiliki Ciri-Ciri Sebagai Berikut :
1. Bisa Ganti Lensa
2. Memiliki Jenis Body Warna Lebih dari 1
3. Harga Relatif murah 4 - 6 Juta
4. Menggunakan Lensa Kit 18-55mm
Kelebihan Kamera DSLR :
1. Lebih Fleksibilitas
2. Kualitas Gambar Lebih Baik.
3. Kinerja Yang Lebih Baik.
4. Mudah Mengganti Ganti Lensa Sesuai Kebutuhan.
Kekurangan kamera DSLR :
1. Karena kamera ini memiliki hasil gambar yang bagus, ukuran nyapun besar – besar  jadi harus  invest banyak penyimpanan.

4. Kamera Semi Pro DSLR
     
Dslr Camera
Source:style.tribunnews.com
          Kamera ini sama dengan kamera DSLR lain nya, namun pada kamera Semi Pro settingan mode auto pada kamera ini tidak banyak seperti  kamera DSLR Prosumer. Karena kamera Semi Pro sudah hampir menggunakan settingan manual. Dari segi fitur & kenyamanan yang diberikan juga dibuat lebih sempurna. Dengan sensor FULLFRAME atau APSH kualitas kualitas nya pun tidak perlu di ragukan lagi.



Ciri – ciri kamera DSLR Semi Pro :
1.Lensa  yang dapat dibuka/diganti,  sehingga fotografer dapat memilih lensa sesuai yang diinginkan.
2.fitur-fitur kamera ini sudah hampir sama dengan kamera profesional, bisa dioperasikan dengan berbagai pilihan program maupun manual.
Kelebihan kamera DSLR Semi Pro :
1. hasil gambar yang memuaskan.
2. hasil video sudah bagus bahkan sebagian kamera sudah mencapai resolusi  4K.
3. di lengkapi dengan fitur – fitur tambahan, yang sebelumnya tidak ada di kamera Prosumer DSLR.
Kekurangan kamera DSLR Semi Pro:
1.ukuran yang besar dan ukuran nya yang cukup besar, membuat pengguna sulit untuk membawanya.
2.lebih banyak tombol, membuat bingung si pengguna yang masih belajar.
3.harga yang tidak bersahabat. 

5. Kamera Profesional DSLR
 
         Kamera jenis ini terkadang ada yang menyebutnya dengan nama kamera DSLR full frame. Tentunya, kamera ini sangat berkualitas dan dilengkapi dengan segudang fasilitas yang tidak dimiliki jenis-jenis kamera di bawahnya.
         Dikarenakan fasilitas yang ditawarkan sangat banyak dan berkualitas serta menunjang para fotografer untuk mendapatkan hasil maksimal, kamera full frame ini juga dipasarkan dengan harga yang tidak tanggung-tanggung tingginya.
         Mahalnya kamera jenis ini dikarenakan fasilitas dan fitur-fitur di dalamnya yang sangat berkualitas. Bahkan kabarnya, sekarang ini ada beberapa perusahaan kamera dunia yang tengah mengembangkan kamera jenis ini yang sudah support untuk menghasilkan gambar sampai 4K.
Ciri - ciri kamera profesional DSLR
1. Memiliki sensor full frame.
2. Prosesor sudah DIGIC 7+
3. Memiliki harga diatas 10 juta.
Kelebihan kamera profesional DSLR
1. Kualitas Gambar Yang Lebih Baik.
2. Resolusi video sudah 4K.
3. Sudah di lengkapi dengan 2 pixel Raw.
Kekurangan kamera profesional DSLR
1.Harga yang Relatif Mahal.
2.Lensa yang Sangat Sensitif.
3.Bobot yang lebih Berat daripada Kamera Dslr lainnya.

6. Kamera Mirrorless

       Adalah kamera mirip DSLR tanpa mirror dengan bentuk yg kompak. Biasanya memiliki kemampuan yang sama dengan DSLR dengan sensor 4/3 dan APSC memberikan kualitas gambar yang sama dan bisa ganti lensa memberikan nilai + sendiri.
       Mirrorless mempunyai banyak nama lain seperti Mirrorless Interchangeable-Lens Camera (MILC), Compact System Camera (CSC), Mirrorless System Camera (MSC), Digital Single Lens Mirrorless (DSLM).

 Ciri -ciri kamera mirrorless  :
1. Ukurannya yang relatif kecil.
2. Dari segi bobot sangat ringan.
3. Lensa yang dapat diganti-ganti.
4. Hasil bidikan yang dihasilkan juga tidak jauh beda dengan DSLR.
Kelebihan kamera mirrorless :
1. Tidak memiliki cermin
3. Design minimalis, serta bobot yang ringan
4. Hasil foto dan video hampir menyaingi DSLR.
5. Aksesoris dan lensa yang beragam
6. Menggunakan elektronik view finder
7. Lebih baik dalam merekam ketimbang DSLR
8. Harga yang lebih terjangkau
Kekurangankamera mirrorless :
1. Pegangan yang menurut saya kurang nyaman
2. Bobot yang ringan juga sedikit berpengaruh buruk pada penggunaan Mirrorless
3. Masih kunonya mode continous pada Mirrorless
4. Red dot patterns
5. Electronic vie finder (EVF) masih tergolong lambat
6. Boros dalam penggunaan baterai.

7. Kamera Boutique
            Mengacu pada kata butik, maka kamera jenis ini bukanlah kamera kelas menengah apalagi low-end. Kamera jenis ini memang memiliki desain retro dan terkesan kuno, namun kamera ini memiliki sensor full frame, setara dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera DSLR semi-pro sampai profesional.
 
         Kamera dengan bentuk kecil ini menjadi icon dari pabrikan kamera terkenal dunia yaitu Leica. Untuk harganya, pastinya Anda tidak percaya bahwa kamera butik ini dijual dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar di atas 30 juta ke atas.
          Menurut Kai W seorang Fotografer dari Hongkong, Kualitas Kamera Butik lebih bagus dari pada Fullframe DSLR , dan Butik APSC mengalahkan EOS 7D dari segi Image Quality menurut DXO Mark dengan bentuk yang Compact.
Ciri-ciri           :
1. rata rata menggunakan
2. Sensor Fullframe ( Leica M9 ) atau APS C ( X100 ) dengan kualitas gambar yg tak perlu di ragukan.
3. Harganya cukup mahal
Kelebihan       :
1. Stylish dan Powerfull
2. Kualitas lebih bagus dari pada Fullframe DSLR
Kekurangan   :
1. Harga lensa yang mahal.

          Itu adalah penjelansan mengenai Pengertian kamera, dan jenis - jenis Kamera. Masih banyak lagi penjelasan mengenai kamera. Mungkin dicukupkan sampai disini artikel mengenai Pengertian kamera, dan jenis - jenis Kamera. Tunggu artikel saya selanjutnya mengenai penjelasan dari dasar – dasar Fotografi.

Komentar

  1. Terima kasih infomasinya
    Kunjungi kampus kami di https://ppns.ac.id/
    Dan blog saya di https://ppnsardhasnugroho.wordpress.com/

    BalasHapus

Posting Komentar