WHAT'S NEW?
Loading...

Dasar-dasar fotografi: Fungsi shutter speed pada kamera DSLR

Shutter speed adalah salah satu komponen penting dalam kamera DSLR untuk mendukung pemotretan Anda supaya menghasilkan foto yang maksimal
Sumber foto:creativelive.com


Pelajari lebih dalam fungsi dari shutter speed anda akan menemukan gaya foto yang lebih menarik

Shutter speed adalah salah satu elemen penting dalam fotografi yang seringkali diabaikan oleh banyak fotografer. Namun, pemahaman yang mendalam tentang fungsi dari shutter speed dapat membawa hasil foto yang jauh lebih baik. 

Mengenal Shutter Speed

Shutter speed diukur dalam detik atau fraksi detik, seperti 1/1000 atau 1/30. Semakin kecil angka di depan garis miring, semakin cepat shutter speednya. Shutter speed yang cepat cocok untuk pemotretan gerak cepat, seperti olahraga atau kendaraan yang bergerak cepat. Sedangkan shutter speed yang lambat cocok untuk pemotretan gerak lambat, seperti air terjun atau gerakan tari.

Cara Mengatur Shutter Speed

Untuk mengatur shutter speed pada kamera DSLR, caranya sangat mudah. Pilih mode manual pada kamera, lalu atur shutter speed sesuai dengan kebutuhan pemotretan. Jika kamu ingin mengambil foto gerak cepat, atur shutter speed ke angka yang lebih cepat. Seperti 1" 2" 3" hingga 30".Sebaliknya, jika kamu ingin mengambil foto gerak lambat, atur shutter speed ke angka yang lebih lambat. Seperti 1/2000 hingga 1/8000

Biasa nya tehnik Fotografi menggunakan shutter speed ini tidak jauh dari dua gaya pemotretan diantaranya:

1.pemotretan gerak cepat. 


2. Pemotretan gerak lambat.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai teknik pemotretan gerak cepat dan tehnik pemotretan gerak lambat menggunakan fitur shutter speed. 

1.Pemotretan Gerak Cepat

Salah satu keunikan shutter speed adalah kemampuannya untuk menghasilkan foto yang tajam saat memotret objek yang bergerak cepat. Dengan menggunakan shutter speed yang cepat, Anda dapat mengunci gerakan objek dan menghasilkan foto yang jelas dan detail.

Untuk pemotretan gerak cepat andah harus mengetahui settingan shutter speednya di artikel ini kita akan membahas.....
Sumber foto: pexels.com

Seperti gambar di atas settingan shutter speed yang di gunakan mulai dari 1/2000 hingga 1/8000 dengan aperture mulai dari f/1.8 ,f/2.8 hingga f/1.4 pada intinya untuk melakukan Pemotretan gerak cepat seperti gambar di atas atau pemotretan lainnya seperti pemotretan olahraga, kendaraan, binatang lari, tembakan peluru dan objek lainnya yang bergerak sangat cepat membutuhkan pemahaman mendalam mengenai komposisi segitiga exposure. Sebab ketiga komponen ini memiliki kaitan erat dan menjadikan komponen penting yang harus di fahami dahulu sebelum melakukan pemotretan. 

Selain itu anda perlu menyeting fokus kamera DSLR Anda menjadi autofocus. Ini berguna untuk mempercepat penajaman fokus kamera pada objek yang akan di potret. Gunakan tripod untuk mempermudah anda menyetabilkan kamera anda. Jangan lupa untuk menyalakan mode continuous untuk mencegah kegagalan saat pemotretan. Ini berfungsi untuk menghasilkan banyak foto dalam satu kali jepretan. Anda nantinya bisa memilih foto-foto yang bagus menurut anda.

Baca artikel tentang:  komposisi segitiga exposure  Disini

2.Pemotretan Gerak Lambat

Selain pemotretan gerak cepat,shutter speed juga bisa memotret gerakan lambat. Yaitu memotret objek yang bergerak cepat dengan menggunakan shutter speed dengan nilai kecil seperti 1" ,2" hingga 30 " tergantung kebutuhan anda. Di sisi lain, pemotretan gerak lambat juga membutuhkan pengaturan shutter speed yang berbeda. Yaitu dengan menggunakan komposisi segitiga exposure yang berbeda dengan tehnik pemotretan gerak cepat.

 

Sumber foto: expertphotography.com

Anda dapat menciptakan efek blur yang artistik pada objek yang bergerak. Misalnya, saat memotret air yang mengalir, mobil bergerak di jalanan. Dan jangan lupa untuk menggunakan tripod, untuk membantu kamera anda agar lebih seimbang.

Kesimpulan

Dalam fotografi, pemahaman yang mendalam tentang fungsi dari shutter speed sangat penting untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Dengan menggunakan shutter speed yang tepat, Anda dapat menciptakan berbagai efek yang unik dan menarik dalam foto Anda. Jadi, jangan ragu untuk bereksperimen dengan pengaturan shutter speed dan temukan hasil foto yang lebih baik.



0 comments:

Posting Komentar